Jika anda mencari uang maka anda dipaksa mengupayakan pelayanan terbaik, tetapi jika anda mengutamakan pelayanan terbaik maka uang akan mencari anda !

Hasil Cetak Printer Putus-Putus

Beberapa hari yang lalu, saya dapat masalah dengan printer customer (MP145).  Keluhannya hasil cetaknya selalu putus-putus. Misalnya kalau mencetak teks, pada bagian atas atau bawah teks terdapat bagian yang hilang. Jadi teks tidak sepenuhnya tercetak. Awalnya yang saya vonis adalah catridge. Tapi setelah catridge diganti ternyata tidak menyelesaikan masalah juga (asem dah terlanjur beli..)
Ahirnya dengan berat hati, printer saya bongkar. Kemudian test print dengan kondisi kap terbuka, sambil melihat hasil cetak yang masih tetap patah-patah. Sampai habis 4 lembar belum kelihatan juga. Pada saat saya perhatikan sensor di sebelah kiri printer, (yang bundar dan nempel di roda) kok kayaknya agak aneh gerakannya. Eh.. ternyata sensor ini lepas dari roda gerigi tempat dudukannya. Cuman karena bingun dengan kode "F" di sensor tersebut, ahirnya dengan metode "trial and error" saya pasang tanpa memperdulikan kode "F" tersebut (soalnya kepikiran klo magnet pada motor ada kode T untuk Top dan F untuk Fure.. gak nyambung ya).
Dengan menambahkan isolasi double tape pada sensor untuk menempelkan kembali pada roda gerigi, saya pasang kembali sensor tersebut. Kemudian test print... seeepppp ini ternyata masalahnya. Hasil printer sudah baik kembali. Ternyata printer bingung mengenali pergerakan kertas, alias lompat-lompat. Makanya hasilnya putus-putus... dan setelah sensor direkatkan kembali, hasil printer menjadi bagus lagi.
Karena secara garis besar sistem kerja printer canon sama semua, cara ini dapat digunakan untul semua jenis printer canon.
Lumayan tambahan ilmu lagi, ngga tau besok dapat masalah apa lagi...
Tapi memang itu yang diharapkan.. soalnya klo ga ada masalah saya ga dapat duid... :)